Selasa, 07 Oktober 2008

Egg Microcapsulated

Egg Microcapsulated
Dasar pertimbangan penggunaan telur bagi pakan larva adalah karena telur mempunyai nilai nutrisi yang cukup tinggi, mudah didapat dengan harga relatif murah, mempunyai keseimbangan dalam nutrisi yang dikandungnya. Komposisi kandungan nutrisi pada telur ayam dapat dilihat seperti di bawah ini :

Tabel 6. Komposisi Komponen Telur Ayam (Chow, 1978)






Telur mentah mengandung zat avidin yang dapat menghambat pertumbuhan, sehingga zat tersebut harus dihilangkan dulu melalui pemanasan sebelum diberikan kepada larva udang. Walaupun demikian, pemanasan dapat menyebabkan pemisahan kuning dan putih telur sebagai akibat denaturasi protein. Untuk mengikat kedua bagian tersebut menjadi pakan yang homogen stabil dalam air, diperlukan penambahan bahan pengikat (binder) yang sesuai dan itu berarti merupakan penambahan biaya. Oleh karena itu, dalam pembuatannya diperlukan metode tertentu dan produk yang dihasilkan harus mempunyai persyaratan sebagai berikut :
a. Mempunyai nilai gizi tinggi dan bebas dari zat avidin.
b. Ukuran dan tekstur produk harus dapat diterima oleh larva udang.
c. Mempunyai ketahanan dalam air (water stability) yang cukup baik.
d. Mutunya tidak cepat menumn karena aktivitas mikroba dalam air.
e. Dapat disimpan dengan baik melalui penyimpanan biasa.
f. Mudah dalam pembuatan.
Prosedur yang dapat digunakan dalam pembuatan mikrokapsul telur yang memenuhi persyaratan tersebut di atas adalah sebagai berikut :
a. Isi telur dimasukkan dalam wadah yang cukup kuat.
b. Telur dikocok kuat-kuat dengan menggunakan blender sampai homogen.
c. Air mendidih (kira-kira 150 cc per satu butir telur) dicampurkan dengan cepat ke dalam wadah dan diaduk merata. Melalui proses ini akan didapatkan suspensi yang mengandung butiran-butiran yang sangat halus.
d. Air dingin ditambahkan ke dalam wadah sampai volume yang dikehendaki. Setiap 50 gram telur mengandung sekitar 12 gram bahan kering.
e. Pemberian pakan kepada larva udang dapat dilakukan langsung dengan sendok atau sprayer.
f. Makanan yang tidak digunakan disimpan dalam wadah tertutup dan ditempatkan dalam refrigerator.
Dalam pakan mikrokapsul telur dapat juga ditambahkan beberapa vitamin dan kalsium yang penting bagi pertumbuhan larva udang, karena kemungkinan telur kurang mengandung zat-zat tersebut. Penambahan vitamin dan kalsium dilakukan selama pembuatan pakan tahap kedua. Selain itu perlu juga ditambahkan bahan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti tepung terigu dan tepung tapioka. Sebelum ditambahkan, bahan tersebut digiling menjadi partikel yang sangat halus terlebih dahulu.
sumber : Ir. Sri Umiyati Sumeru
Dra. Suzy Anna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar