Jumat, 10 Oktober 2008

Pakan Berbentuk Flake (Flake Diet)

Pakan Berbentuk Flake (Flake Diet)
Pembuatan pakan dalam bentuk flake, memerlukan peralatan yang spesifik yang dikenal dengan nama "Electro Steam Double Drum Dryer". Dengan alat tersebut akan dihasilkan pakan buatan kering seperti kertas. Ukuran ketipisan serpihan dapat diukur pada alat tersebut, dengan cara mengatur jarak double dryer. Adapun flow chart alat tersebut dapat dilihat seperti pada gambar.

Salah satujenis pakan yang cukup baik untuk larva udang dan banyak diperjualbelikan adalah "Brine Shrimp Flake" (Anemia Flake). Jenis pakan tersebut banyak diimpor dari Taiwan. Umumnya semua pembenihan udang menggunakanjenis ini dalam setiap siklus pemeliharaannya. Keuntungan pakan flake, selain mempunyai bentuk fisik yang sesuai juga praktis dalam pemberiannya.




























Gambar 11. Electroteam Double Drum Dryer
Teknologi pembuatan pakan flake tersebut telah berhasil dikembangkan oleh Balai Budidaya Air Payau Jepara. Adapun cara pembuatan pakan flake tersebut adalah sebagai berikut :
Seluruh bahan disaring dengan menggunakan saringan 100 mikron.
Campurkan dan aduk sampai homogen dengan menggunakan mixer.
Tambahkan air secukupnya sehingga terbentuk larutan kental (solution).
Panaskan alat, aturlah tekanan dan temperatur (temperatur tidak lebih dari 80°C).
Bahan yang telah homogen, kemudian diproses dengan Electro steam double drum dryer.
Hasil yang akan didapat adalah pakan flake dalam keadaan kering.
Pakan flake ini biasanya digunakan untuk udang stadium pasca larva (PL 1-PL 15), yaitu dengan cara diremah terlebih dahulu. Walaupun demikian, pakan flake ini juga dapat digunakan untuk udang stadium zoea dan mysis, caranya : flake tersebut disaring dengan menggunakan saringan 25 - 30 mikron.
sumber : Ir. Sri Umiyati Sumeru
Dra. Suzy Anna



Tidak ada komentar:

Posting Komentar