Jumat, 02 Maret 2012

AGRIBISNIS TANAMAN SAYUR……(1)

AGRIBISNIS TANAMAN SAYUR……(1)
MANAJEMEN BISNIS SAYURAN
A.      Pengertian dan Fungsi Manajemen
Pengertian manajemen secara luas adalah cara mengatur satu atau beberapa faktor untuk mencapai suatu tujuan. Dalam kehidupan sehari-hari manajemen diperlukan di  setiap sektor kehidupan agar tidak terjadi benturan antara faktor yang satu dengan faktor lainnya sehingga mengakibatkan tidak tercapainya tujuan. Begitu pula dalam sektor produksi, tiap jenis kegiatan memerlukan manajemen yang berlainan.
Dalam manajemen terdapat beberapa fungsi yang merupakan bagian dari proses manajemen, fungsi-fungsi itu antara lain :
  1. Perencanaan (planning), yaitu tindakan menentukan sasaran-sasaran dan arah tindakan yang diikuti. Di dalam perencanaan ini dituntut adanya kemampuan untuk meramalkan, memvisualisasikan, dan melihat ke depan yang dilandasi dengan tujuan-tujuan tertentu.
  2. Pengorganisasian, yaitu tindakan membagi pekerjaan antara kelompok yang ada, menetapkan, dan memerinci hubungan-hubungan yang diperlukan.
  3. Menggerakkan, yaitu tindakan untuk merangsang anggota-anggota kelompok agar melaksanakan tuga-tugas mereka dengan baik dan secara antusias.
  4. Pengawasan, yaitu tindakan untuk mengawasi aktivitas-aktivitas agar berjalan sesuai dengan rencana-rencana yang telah ditetapkan.

Semua fungsi-fungsi itu ada pada setiap kegiatan manajemen di bidang apa pun. Dalam pelaksanaannya fungsi-fungsi mempunyai penampilan yang berbeda tergantung dari semua faktor yang mempengaruhi komoditi yang ditangani. (….bersambung)
Sumber : Penebar Swadaya, Cetakan IX – 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar