Senin, 05 Maret 2012

AGRIBISNIS TANAMAN SAYUR……(2)

AGRIBISNIS TANAMAN SAYUR……(2)
MANAJEMEN BISNIS SAYURAN
B.      Aspek-Aspek yang Perlu Manajemen
Ada tiga aspek pokok yang penting diketahui dalam bisnis apa pun termasuk bisnis sayuran. Ketiga aspek tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Aspek produksi yaitu proses kegiatan manajemen yang diterapkan dalam proses produksi. Manajemen produksi mencakup tentang perencanaan produksi dan pengendalian produksi yang didalamnya terdapat pula pengambilan keputusan dalam bidang persiapan dan proses produksi untuk jangka pendek menengah atau panjang. Dengan demikian diharapkan pengusaha dapat berproduksi secara efisien.
  2. Aspek pemasaran, yaitu kegiatan untuk mendistribusikan hasil produksi ke tangan konsumen dengan harga yang layak. Untuk melakukan pemasaran diperlukan manajemen yang baik agar pengusaha mendapatkan keuntungan yang diharapkan.
  3. Aspek keuangan, yaitu kegiatan pengelolaan keuangan dalam suatu usaha. Didalamnya termasuk pula bagaimana cara mendapatkan dan mengalokasikan dana untuk suatu rangkaian kegiatan usaha (bisnis)

Usaha sayuran komersial membutuhkan suatu manajemen yang sifatnya unik. Keunikan ini disebabkan karena beberapa hal, antara lain; produksi sayuran komersial tidak dipengaruhi musim, komoditi sayuran komersial relative mudah rusak, usianya pendek (sayur musim) dan dalam pengusahaannya membutuhkan perawatan yang relative intensif.
Dalam bisnis sayuran manajemennya dapat didefinisikan sebagai kegiatan menghasilkan dan mendistribusikan pada pengusaha atau langsung pada konsumen, dan memprosesnya bila mungkin.
Sumber : Penebar Swadaya, Cetakan IX – 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar